Pengenaan Sanksi bagi Pelanggan

Dalam rangka pelaksanaan pelayanan air bersih yang profesional, berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 6 Tahun 2012 tentang Tata Cara dan Teknis Pengenaan Sanksi bagi Pelanggan dalam Wilayah PDAM Tirta Rangga Kabupaten Subang dan berdasarkan Surat Keputusan Direksi Nomor 690/Kep.01/PDAM/2018 , Perumda Air Minum Tirta Rangga Kabupaten Subang mengatur sanksi kepada pelanggan sebagai berikut :

1. Pelanggaran terhadap Keterlambatan Pembayaran

a. Membayar rekening melewati batas waktu tanggal 15 setiap bulannya, dikenakan DENDA KETERLAMBATAN yang dibebankan per lembar rekening sebesar Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah)
b. Menunggak pembayaran rekening 2 bulan dikenakan sanksi PENUTUPAN, instalasi akan dibuka kembali setelah melunasi seluruh tunggakan berikut denda yang dibebankan dan membayar biaya pembukaan.
c. Pelanggan tidak memenuhi kewajibannya untuk membayar seluruh tunggakan rekening 1 bulan setelah tanggal pelaksanaan PENUTUPAN, atau menunggak pembayaran rekening 3 bulan dikenakan sanksi berupa PENCABUTAN berikut meter air.
d. Penduduk / badan hukum tertentu yang sudah pernah menjadi pelanggan air minum Perumda Air Minum Tirta Rangga Kabupaten Subang, dapat menjadi pelanggan kembali dengan ketentuan :

    • Memenuhi persyaratan daftar calon pelanggan;
    • Membayar hutang /  tunggakan lama rekening berikut dendanya; dan
    • Membayar biaya sambungan langganan baru.

2. Pelanggaran terhadap Perangkat dan Tata Letak Instalasi Pipa Dinas

Berdasarkan Bab II Sanksi dan Denda Administratif Pasal 3 ayat (1) huruf a sampai dengan d, diberlakukan sanksi yang disebabkan oleh pelanggaran pelanggan terhadap perangkat dan tata letak instalasi pipa dinas sebagai berikut:

a. Memindahkan pipa dinas dan/atau meter air tanpa izin tertulis dari pihak Perumda TRS. Dikenakan sanksi berupa penutupan dan/atau membayar denda yang dibebankan sebesar 1 (satu) kali biaya pemasangan sambungan baru.
b. Merubah ukuran pipa dinas tanpa izin tertulis dari pihak Perumda TRS. Dikenakan sanksi berupa penutupan dan/atau membayar denda yang dibebankan, dengan cara perhitungan rekening dianggap telah melakukan pelanggaran selama 10 (sepuluh) bulan dikalikan terhadap pemakaian air tertinggi dalam 3 (tiga) bulan terakhir.
c. Menggabungkan pipa air minum Perumda TRS dengan pipa air dari sumber air lainnya (sumur pompa dan lain-lain) dalam 1 (satu) saluran pipa persil yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis. Dikenakan sanksi berupa penutupan dan/atau membayar denda yang dibebankan, dengan cara perhitungan rekening dianggap telah melakukan pelanggaran selama 3 (tiga) bulan dikalikan terhadap pemakaian air tertinggi dalam 3 (tiga) bulan terakhir.
d. Menggunakan alat bantu pompa untuk menghisap /  mendapatkan air langsung dari instalasi dengan tetap menggunakan meteran. Dikenakan sanksi berupa penutupan dan/atau membayar denda yang dibebankan, dengan cara perhitungan rekening dianggap telah melakukan pelanggaran selama 4 (empat) bulan dikalikan terhadap pemakaian air teritinggi dalam 3 (tiga) bulan terakhir.

3. Pelanggaran terhadap Fungsi Sambungan Pelanggan

Berdasarkan Bab II Sanksi dan Denda Administratif Pasal 3 ayat (2) huruf a sampai dengan e, diberlakukan sanksi yang disebabkan oleh pelanggaran pelanggan terhadap fungsi sambungan pelanggan sebagai berikut:

a. Mendistribusikan/menyalurkan air minum keluar dari persil pelanggan tanpa izin tertulis dari Perumda TRS. Dikenakan sanksi penutupan dan/atau ditinjau kembali status pelanggannya
b. Menjual air minum untuk mendapatkan keuntungan kepada pihak lain dengan cara atau dalih apapun tanpa izin tertulis dari pihak Perumda TRS. Dikenakan sanksi penutupan dan/atau ditinjau kembali status pelanggannya
c. Pengambilan air minum dari kran umum dengan cara memasang pipa atau saluran jenis lain untuk ke rumah dan/atau ke pihak lain. Dikenakan sanksi penutupan dan/atau ditinjau kembali status pelanggannya.
d. Merubah fungsi hunian atas bangunan, atau tempat tinggal. Dikenakan sanksi penutupan dan/atau ditinjau kembali status pelanggannya.
e Memindahkan lokasi krant umum tanpa izin tertulis dari pihak Perumda TRS. Dikenakan sanksi penutupan dan/atau ditinjau kembali status pelanggannya.

4. Pelanggaran terhadap Meter Air dan Terjadi Indikasi Adanya Penyimpangan

Berdasarkan Bab II Sanksi dan Denda Administratif Pasal 3 ayat (3) huruf a sampai dengan g, diberlakukan sanksi yang disebabkan oleh pelanggaran pelanggan terhadap meter air dan terjadi indikasi adanya penyimpangan sebagai berikut:

a.

Melepas segel meter, segel dinas, meter air dan membalik arah aliran air pada meter air. Dikenakan sanksi penutupan dan/atau membayar denda yang dibebankan, dengan cara perhitungan rekening dianggap telah melakukan pelanggaran selama 10 (sepuluh) bulan dikalikan terhadap pemakaian tertinggi dalam 3 (tiga) bulan terakhir.

b.

Menghilangkan meter air sebagai akibat kelalaian atau merusak meter air karena kesengajaan. Pelanggan membayar biaya penggantian meter air sesuai dengan harga yang berlaku. Dikenakan denda yang dibebankan dan mengganti meter air dengan yang baru sesuai harga berlaku.

c.

Memasang dan/atau menambahkan benda lain pada meter air sehingga mengganggu jalannya operasi meter. Dikenakan sanksi penutupan dan/atau membayar denda yang dibebankan, dengan cara perhitungan rekening dianggap telah melakukan pelanggaran selama 5 (lima) bulan dikalikan terhadap pemakaian tertinggi dalam 3 (tiga) bulan terakhir.

d.

Menimbun meter air dengan bahan material dan/atau mendirikan bangunan di atas meter air, sehingga mempersulit pelaksanaan tugas pihak Perumda TRS. Dikenakan sanksi penutupan dan/atau membayar denda yang dibebankan, sebesar 1 (satu) kali rekening tertinggi dalam 3 (tiga) bulan terakhir.

e.

Pelanggan yang sedang diberi sanksi ditutup instalasi meter airnya, jika diketahui melakukan pelanggaran dengan cara membuka sendiri. Dikenakan sanksi pencabutan instalasi berikut meter airnya dan/atau membayar denda yang dibebankan, dengan cara perhitungan rekening dianggap telah melakukan pelanggaran selama 7 (tujuh) bulan dikalikan terhadap pemakaian tertinggi dalam 3 (tiga) bulan terakhir.

f.

Melakukan pengambilan air minum sebelum meter dan/atau tanpa menggunakan meteran dengan cara memasang pipa atau saluran air lain. Dikenakan sanksi pencabutan instalasi berikut meter airnya dan/atau membayar denda yang dibebankan, dengan cara perhitungan rekening dianggap telah melakukan pelanggaran selama 12 (dua belas) bulan dikalikan terhadap pemakaian tertinggi dalam 3 (tiga) bulan terakhir.

g.

Ex-Pelanggan dan masyarakat menyambung kembali pipa air minum secara ilegal. Membayar denda dengan cara perhitungan rekening dan dianggap telah melakukan pelanggaran selama 24 (dua puluh empat) bulan dikalikan terhadap standar kebutuhan pokok air minum sebesar 10 m3 per bulan, dan/atau dilaporkan kepada pihak berwajib diproses sesuai Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

5. Pelanggaran terhadap Sarana/Prasarana Perumda TRS

Berdasarkan Bab II Sanksi dan Denda Administratif Pasal 3 ayat (4) huruf a sampai dengan b, diberlakukan sanksi yang disebabkan oleh pelanggaran pelanggan/masyarakat umum terhadap sarana dan/atau prasarana milik Perumda TRS sebagai berikut:

a.

Melakukan kegiatan yang mengakibatkan kerusakan sumber daya air, sarana dan prasarana Perumda TRS mengganggu upaya pengolahan dan pendistribusian air dan/atau mengakibatkan pencemaran air secara disengaja maupun sebagai akibat kelalaian. Dilaporkan kepada pihak yang berwajib diproses sesuai Perundang-undangan yang berlaku.

b.

Menggunakan logo, atribut dan mengatasnamakan Perumda TRS di luar kepentingan pihak Perumda TRS. Akan ditindak sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.